Biografi Lengkap Tuanku Imam Bonjol


Tuanku Imam Bonjol lahir di Tanjung Bunga, Pasaman, Sumatera Barat 1772 dan wafat di Manado, Sulawesi Utara pada tanggal 8 November 1864 serta dimakamkan di Lotan, Manado. Nama sesungguhnya adalah Muhammad Syahab. Semasa remaja , ia biasa dipanggil dengan nama Peto Syarif. Di tubuh beliau mengalir cita-cita yang murni untuk membersihkan praktek Islam dan mencerdaskan rakyat. Setelah menuntut ilmu agama di Aceh (1800-1802), ia mendapat gelar Malim basa. Tahun 1803, Malim Basa kembali ke Minangkabau dan belajar pada Tuanku Nan Renceh. Ia adalah murid kesayangan dari Tuanku Nan Renceh.Malim basa banyak mendapat pelajaran ilmu perang dari Tuanku Nan Renceh.



Tahun 1807 Malim basa mendirikan Benteng di kaki bukit Tajadi yang kemudian diberi nama Imam Bonjol. Sejak saat itu ia dikenal dengan nama Tuanku Imam Bonjol.

Pada waktu itu di Minangkabau, sedang terjadi pertentangan yang hebat antara kaum Paderi (kaum agama) dengan kamu adat.Pada dasarnya gerakan Paderi itu bertujuan untuk menetang para penghulu yang waktu itu mememegang kekuasaan di nagari-ngari Minangkabau. Awalnya, pertentangan ini hanya melibatkan kaum adat dan kaum paderi saja. Tapi karena kedudukan kaum adat semakin terdesak, Kaum adat lalu meminta bantuan kepada Belanda.

Sejak saat itu pulalah, Belanda ikut campur dalam pertentangan di Minangkabau. Lalu Belanda mulai mendirikan benten di Batu Sangkar dan di Bukit Tinggi untuk memperkuat kedudukannya. Tuanku Imam Bonjol memliki banyak pengikut yang membuat Belanda kewalahan. Tuanku Imam Bonjol diberi gelar Malin Basa yang berarti seorang ulama yang diangkat sebagai imam atau sebagai kepala pemerintahan nagari dalam bidang Islam. Sebelum Tuanku Nan Raceh meninggal dunia ,beliau telah menunjuk Tuanku Imam Bonjol sebagai penggantinya menjadi pemegang pimipinan tertinggi kaum Paderi. Karena Tuanku Imam Bonjol memerintah dengan sangat memperhatikan kehidupan rakyat, maka rakyat Bonjol dengan cepat meningkat kemakmurannya. Apalagi pada saat yang bersamaan, Belanda juga terdesak dengan Perang Diponegoro sehingga Belanda merasa perlu “berdamai sementara” dengan kaum paderi untuk mengalihkan kekuatan di Pulau Jawa menghadapi Perang Diponegoro. Setelah berakhirnya perang Diponegoro, Belanda kembali menyerang Markas-markas Tuanku Imam Bonjol.

Namun Tuanku Imam Bonjol adalah panglima perang yang handal sehingga membuat Belanda harus mengerahkan bantuan tambahan dan siasat-siasat licik. Sehingga untuk menangkap Tuanku Imam Bonjol, Belanda menggunakan cara-cara kotor dengan cara mengajak berunding di seikitar Bukit Gadang dan Tujuh Lurah. Dan disitu pulalah Tuanku Imam Bonjol ditangkap pada tanggal 25 Oktober 1937. Tuanku Imam Bonjol lalu ditawan di Bukit Tinggi lalu diasingkan dari Cianjur lalu ke Ambon dan terakhir di Manado. Tuanku Imam Bonjol akhirnya wafat di Manado pada tanggal 8 November 1864. Pemerintah lalu menganugerahi gelar Pahlawan Nasional kepadanya berdasarkan SK Presiden RI No 087/TK/1973v.

Hal-hal yang menarik dari buku:
  • Melengkapi dan menguraikan dengan beberapa masalah yang sebelumnya belum diungkapkan oleh buku-buku lain
  • Di dalam buku tersebut dijelaskan bukan saja karena kepahlawanan tokoh tersebut tetapi juga menarik dari segi sifat-sifat kepribadiannya yang khas sebagai pemimpin, misalnya sifat seorang pemimpin yang keras tetapi suka damai.
  • Tulisan di buku tersebut bukan hanya sekedar akan menggambarkan tindakan-tindakan luhur Tuanku Imam Bonjol itu saja, tetapi juga dari seluruh tindakan-tindakan itu kita dapat ambil manfaatnya untuk dapat dituangkan dalam kehidupan masyarakat.

Hal-hal yang dapat diteladani:
  • Sifat patriotisme, pantang menyerah ,dan tidak mudah putus asa dari diri tokoh Tuanku Imam Bonjol
  • Tuanku Imam Bonjol adalah seorang yang ulet dalam memperjuangkan keyakinannya, tidak   
  • mudah patah semangat, dan cepat kembali dari keruntuhannya.
  • Tuanku Imam Bonjol memerintah dengan sangat memperhatikan kehidupan rakyat serta
  • bijaksana namun walaupun beliau seorang pemimpin yang keras tapi suka damai

Refleksi tokoh pada buku yang dibaca :
  • Diuraikan tentang asal-usul Tuanku Imam Bonjol
  • Menggambarkan tentang masa pendidikan Tuanku Imam Bonjol
  • Menggambarkan situasi kehidupan masyarakat Minangkabau
  • Diterangkan tentang tokoh-tokoh pembaharuan yang telaha ada di Minangkabau
  • Digambarkan perjuangan Imam Bonjol yang secara aktif memimpin rakyat dalam gerakan Paderi  untuk melawan penjajah


2 comments:

  1. đồng tâm
    game mu
    cho thuê nhà trọ
    cho thuê phòng trọ
    nhac san cuc manh
    số điện thoại tư vấn pháp luật miễn phí
    văn phòng luật
    tổng đài tư vấn pháp luật
    dịch vụ thành lập công ty trọn gói
    nước cờ trên bàn thương lượng
    mbp
    erg
    nghịch lý
    chi square test
    nghệ thuật nói chuyện
    coase
    thuyết kỳ vọng
    chiến thắng con quỷ trong bạn
    cân bằng nash

    Dương Thiên Bồi lắc đầu:
    - Vốn trước đây quản lý công ty xây dựng số 2 thì còn không biết cảm giác gì, giờ thì lại cảm thấy trọng trách quá nặng nề, quyết không thể để phụ tín nhiệm của mọi người, toàn bộ tài sản của mọi người đều giao vào tay tôi, dù gì cũng phải làm cho thu nhập một năm phải tăng lên, cũng phải để nhóm cổ đông nhìn thấy hiệu ích và tiền lãi phải không?

    - Ha ha, Bồi ca, mọi người không phải đã nhìn trúng tư tưởng này của anh sao? Chẳng qua có lãi hay không thì bản thân tôi thấy trước mắt không quá quan trọng, cho dù là có thì tôi nghĩ tốt nhất là đầu tư vào kinh doanh đi, cần mua thiết bị thì mua, cần chiêu mộ nhân viên kỹ thuật thì chiêu mộ. Sau nay thị trường kiến trúc sẽ càng ngày càng cạnh tranh khốc liệt, nếu muốn sinh tồn được thì ngoại trừ tư chất tốt nhất thì có một đội ngũ kỹ thuật tố chất cao, chế độ quản lý nghiêm khắc, chắc chắn cùng với tinh thần vững vàng, sẵn sàng vượt qua thử thách của xí nghiệp cũng rất trọng yếu. Tôi cảm thấy ba điều này nên nỗ lực làm ngay từ bây giờ, về phần lợi nhuận thì tôi cho rằng không quá quan trọng, ít nhất thời điểm này là như thế.

    - Quốc Đống, cậu có thể nghĩ như vậy thì tôi rất vui mừng, hiện giờ rất nhiều cổ đông xí nghiệp đều chỉ nhìn cái lợi trước mắt, đầu tư chỉ mong hai ba năm là có thể thu hồi lại nhưng đây là xí nghiệp đang kinh doanh, không phải là mỏ vàng, nếu anh muốn đạt được khoản lãi kếch sù trong ngắn hạn thì tất nhiên phải hi sinh sự phát triển trường kỳ của xí nghiệp, tôi vẫn luôn lo lắng cậu sẽ có suy nghĩ này.
    Dương Thiên Bồi mỉm cười hài lòng:
    - Cậu nói như vậy thì trong lòng tôi lại càng kiên định.

    ReplyDelete